Retainer invoice adalah dokumen yang digunakan perusahaan untuk meminta dana di muka sebelum proyek dimulai. Ini merupakan metode untuk mengamankan jasa agar dapat digunakan sesuai kebutuhan. Dengan kata lain, ini adalah bentuk deposit atau pembayaran di muka.
Retainer invoice adalah dokumen yang dapat diberikan oleh perusahaan kepada klien untuk meminta dana sebelum proyek dimulai. Ini merupakan cara untuk mengamankan ketersediaan layanan yang akan digunakan saat dibutuhkan.
Dengan kata lain, retainer adalah bentuk deposit atau pembayaran di muka sebagai komitmen awal dari klien terhadap layanan yang akan diberikan.
Saat Anda menagih pembayaran di muka dari klien, dana tersebut tidak dapat langsung dianggap sebagai pendapatan. Retainer invoice berfungsi sebagai tanda komitmen klien terhadap proyek dan jasa yang akan diberikan.
Dalam dunia akuntansi, istilah retainer mengacu pada pembayaran di muka oleh klien, baik sebagian maupun seluruhnya dari total biaya layanan.
Jika bentuk retainer adalah “pembayaran untuk akses”, maka penyedia layanan wajib memberikan layanan secara rutin kepada klien dalam jumlah jam tertentu setiap bulan. Pembayaran retainer juga harus dibayarkan segera setelah perjanjian ditandatangani.
Dengan Natura-ERP, Anda dapat mengelola semua fungsi bisnis Anda dari satu tempat dengan mudah.
Akses berbagai add-ons premium untuk Akuntansi, SDM, Pembayaran, Prospek, Komunikasi, Manajemen, dan banyak lagi, semuanya dalam satu platform!
With Dash, you can conveniently manage all your business functions from a single location.